News Update :

potensiometer




Gambar skema Potensiometer beserta komponen dan cara pembuatannya
Potensiometer adalah perangkat komponen elektronika bagian dari sebuah resistor yang memiliki tiga terminal dengan sambungan yang membentuk pembagi tegangan yang dapat di setel. Jika anda menemukan potensiometer yang menggunakan dua terminal tetap masih bisa di gunakan dengan cara salah satu dari terminal tetap dan terminal geser. Komponen elektronika ini berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat.

Prinsip kerja potensiometer dapat kita anggap sebagai gabungan dari dua buah resistor yang kita hubungkan seri (R1 dan R2. Tapi dalam dua buah resistor yang kita pakai nilai resistansinya dapat di rubah. Resistansi total dari sebuah resistor akan selalu tetap dan nilai ini merupakan nilai resistansi potensiometer (Variabel Resistor). Jika nilai resistansi dari resistor 1 di perbesar dengan cara memutar bagian potensiometer, maka otomatis nilai resistansi dari resistor 2 akan berkurang, begitu juga sebaliknya.

sekilas info untuk anda
buat anda yang hobi elektronika,
nieh, ada software elektronika express pcb dan  EWB (Elektronik Workbench)
dengan software ini bisa memudahkan pekerjaan kita, seperti  express pcb yang bisa kita pakai untuk mendesain pcb dan  EWB (Elektronik Workbench) bisa dipakai untuk simulasi rangkaian sebelum dibuat,  jadi dengan EWB (Elektronik Workbench) ini anda tidak perlu membeli komponen dulu, cukup dengan aplikasi ini, baru kalau sudah selesaim anda bisa membuatnya ke dunia nyata! ok selamat mencoba  :) klik disini

Bentuk fisik dari potensiometer sangat berbeda jauh dengan bentuk dari resistor. Bentuk resistor pada umumnya hanya memiliki gelang warna yang di gunakan untuk menetukan nilai tahanannya, sementara bentuk dari potensio untuk menentukan nilai tahanannya hanya dengan memutar atau mengeser pada bagian yang sudah di tentukan.
Potensiometer

Potensiometer biasanya di gunakan untuk pengoprasian pengendali elektronik, seperti penguat sinyal, pengaturan suara, pengaturan intensitas, sebagai tranduser, pengendali masukan dan keluaran sebuah perangkat elektronik. Contoh yang biasa di gunakan sebagai tranduser adalah sebagai sensor joystick yang dapat kita gunakan dari jarak jauh. Potensiometer sangat jarang di gunakan untuk mengendalikan daya yang besar secara langsung.

Untuk pengendali volume yang menggunakan potensiometer biasanya di lengkapi dengan saklar yang sudah terintegrasi, sehingga pada saat potensiometer membuka saklar penyapu berada pada posisi terendah. Kebanyakan dari komponen ini di gunakan pada rangkaian power amplifier sebagai pengatur volume, bass dan treble. Dan juga di gunakan dalam Control Motor DC yang berfungsi sebagai pengatur kecepatan putaran motor.

Nilai dari potensiometer dapat berubah sesuai dengan perputaran ataupun pergeseran yang di hasilkan. Range yang di hasilkan juga bervariasi, misalnya nilai yang tertera pada potensio adalah 100k ohm, maka range resistansi akan dimulai dari tahanan 0 ohm sampai dengan 100k ohm. Jadi dengan begitu, nilai yang di hasilkan dari sebuah tahanan potensio terbukti berubah-ubah.

Demikian penjelasan singkat mengenai Potensiometer, semoga pengertian komponen elektronik kali ini berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Subwoofer dan Rangkaian Thevenin.


  • Electronic Components www.rfparts.com
    RF Parts offers Semiconductors, Transistors, Diodes & more.
  • Digital Signage Indonesia www.mitsindo.co.id
    Best solution for digital signage, touch screen, video wall, LED wall
  • MELF Resistors www.firstohm.com.tw/
    Made in Taiwan for 43 years! Good price, fast delivery, steady supply
  • Feedthrough Pi Filters www.filteksolutions.co.uk
    Chassis & PCB mount versions single filters & arrays available










baca juga artikel yang terkait lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. elektra solution . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger